Rabu, 17 November 2010

Gelombang kejut, Ledakan sonik

Gelombang kejut, Ledakan sonik

Pengantar
VIVAnews – Suara keras pesawat sukhoi milik TNI AU saat melakukan latihan sempat menggegerkan masyarakat, dan bahkan memecahkan kaca jendela salah satu rumah makan di Makassar, Kamis malam. Karena panik, pemilik rumah menghubungi polisi, 15 menit kemudian polisi yang dipimpin Kapolresta Makassar Timur, AKBP Mansyur datang dan langsung melakukan pemeriksaan dari serpihan kaca yang pecah. Kepanikan juga terjadi di Mall Panakkukang, salah satu Mall terbesar di Makassar. Hanya beberapa saat kejadian, baik pengunjung maupun pemilik gerai berlarian keluar toko. And Irsan, salah seorang pengunjung mall tersebut mengatakan, lantai mall tersebut sempat bergetar. “Saya bersama keluarga langsung lari keluar mall untuk menyelamatkan diri,” ujarnya. Sumber
Bunyi pesawat Sukhoi bisa sedahsyat itu ? Lantai mall saja bergetar, bagaimana duNK dengan lantai pesawat Sukhoi… wah, mudah-mudahan om pilotnya tidak ikut2an berhamburan keluar dari pesawat :mrgreen:
Baca selengkapnya »

Efek Doppler

efek doplerPengantar
Pernah nonton balap sepeda motor GP ? belum ? sama dunk… diriku  juga belum pernah nonton secara langsung. Kalau nonton GP di TV sich pernah :mrgreen: pernah nonton GP di TV ? wah, kalau dirimu suka kebut2an di jalan, pasti sering nonton… asyik ya kalau nonton balap motor. Balap di tikungan tajam kelihatan santai sekali… padahal motornya sedang ngebut… caranya bagaimana ya… dirimu bisa balap seperti itu ?
Baca selengkapnya »

Gelombang bunyi berdiri

Pengantar
Judulnya garing ya, kirain gelombang bunyi jongkok ;) … Dalam pokok bahasan gelombang berdiri pada dawai,  gurumuda sudah membahas mengenai gelombang berdiri transversal yang terjadi pada dawai. Nah, kali ini gurumuda membahas mengenai gelombang berdiri longitudinal yang terjadi pada kolom udara. Bingun dengan istilah kolom udara ? pernah lihat pipa, suling, terompet dkk ? Kolom udara tuh udara yang berada dalam rongga pipa, rongga suling dkk….
Baca selengkapnya »

Apa cara cepat dan mudah memahami fisika ?

  • Sunday Aug 8,2010 08:09 PM
  • By san
  • In Gado gado
Apa cara cepat dan mudah memahami fisikaPertanyaan seperti ini sering ditanyakan oleh adik2 saya pelajar yang mampir di blog ini. Saya tidak punya jawabannya. Sesuai dengan pengalaman saya, caranya cuma satu, ini caranya :
Kerja keras, kerja keras dan kerja keras.
Mungkin anda punya jawaban lain ?
tahu dari mana kalau gelombang bunyi termasuk gelombang longitudinalGelombang bunyi termasuk gelombang Longitudinal. Yupz…  betul sekali, dari dulu kali ;)   btw, tahu dari mana kalau gelombang bunyi termasuk gelombang longitudinal ?
Gambarannya seperti ini… kita andaikan medium yang dilalui gelombang bunyi adalah udara. Nah, udara khan tidak kelihatan. Dari mana kita tahu bahwa gelombang bunyi termasuk gelombang longitudinal ? udara saja tidak kelihatan. Bandingkan dengan pegas (gelombang longitudinal). Atau gelombang tali atau gelombang laut (gelombang transversal), misalnya…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar